CARA MENGATASI KEBIASAAN BURUK DALAM DIRI KITA

Sifat buruk ?  Semua orang pasti memilikinya, bahkan terkadang kita suka bingung dengan tindakan kita yang sering  ceroboh dengan aktifitas yang kita lakukan. Namanya manusia, pasti memiliki sifat baik dan buruk yang ada dalam dirinya.


Namun, kamu jangan minder dulu atau putus asa. Yakinlah bahwa kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Pastikan kalian menerapkan cara cara yang di bawah ini

1.Introspeksi, buat list, dan cari solusinya


Sifat buruk dapat dihilangkan dengan mengetahui terlebih dahulu apa saja dan bagaimana cara mengubahnya sesuai keyakinan kita. Dengan introspeksi diri, kita bisa mencatat dan berpikir untuk menemukan jalannya dan memperbaikinya.

Daripada harus curhat sana sini dengan teman atau sahabat, lalu tidak mendapatkan solusi yang tepat. Ingat, kamu yang lebih memahami dirimu sendiri, bukan orang lain.



2. Cari fokus yang lain



Terkadang kita selalu mengintimidasi diri kita sendiri karena kita yang masih berkutat disitu-situ aja. Padahal kita sendiri yang sering  tidak mau meninggalkan kebiasaan buruk kita. Tetapi Kita hanya bergantung kepada hal yang membuat kita merasa nyaman, sehingga tidak ada perubahan dalam diri.

Yuk, mulai coba ganti fokusmu ke hal yang lebih positif, misalnya dengan berbagi dan memperluas jaringan pertemanan yang positif dengan berorganisasi. Tanamkan keyakinan pada dirimu kalau kamu bisa!

3. Tinggalkan kegiatan yang dapat menimbulkan sifat burukmu

Misalnya kamu memiliki sifat buruk untuk membicarakan kesalahan orang lain atau menggosipkan orang lain. Sebaiknya hindari dengan mengganti aktivitasmu untuk membaca atau menulis hal yang bermanfaat. Serta hindari kegiatan untuk bertemu dan memancing dirimu membicarakan orang lain. Anggaplah diri kamu sedang berperang untuk menuju proses yang lebih
baik.

Yuk, mulai coba ganti fokusmu ke hal yang lebih positif, misalnya dengan berbagi dan memperluas jaringan pertemanan yang positif dengan berorganisasi. Tanamkan keyakinan pada dirimu kalau kamu bisa!

4. Pilih lingkungan yang mendukung dirimu

Hal yang terpenting adalah lingkungan. Kepribadian memang terbentuk dari lingkungan, coba pelan-pelan hindari lingkungan yang membuatmu kurang produktif atau membuat dirimu susah introspeksi. Carilah teman yang bisa sejalan dan memberikan manfaat juga dampak yang positif buat dirimu. Pasti hidupmu akan lebih bermakna!

Menghargai diri atas pencapaianmu itu harus lho! Semakin membuat dirimu merasa dihargai , semakin membantu dirimu untuk selalu semangat untuk mengubah hal tersebut menjadi lebih baik. Coba deh dari sekarang bikin tujuan hidu mu menjadi lebih baik dengan ikhlas dan beri penghargaan dengan pada dirimu dengan menciptakan suatu karya, setelah itu apresiasi dirimu.

Bila ada orang-orang yang memujimu itu adalah suatu penghargaan tambah buat dirimu. Pastinya akan puas dan nikmat banget.

Posting Komentar

0 Komentar